Kisah-kisah Nyata HUKUM KARMA (dan Pandangan ISLAM)..Astaghfirullah

Karma adalah suatu tindakan atau perbuatan manusia yang mengacu pada prinsip rohani sebab dan akibat . Keberuntungan dan kebahagiaan dapat dicapai dengan niat yang baik, sementara perbuatan buruk atau niat jahat dicapai dengan sebaliknya. Berikut beberapa bukti bahwa karma memang ada.



1. Karma mengerikan akibat membunuh ribuan burung pipit
Warga di China membasmi burung pipit secara keji. Pada tahun 1958, pemerintah China memulai sebuah kampanye besar yang mereka sebut “the Great Sparrow Campaign”. Tujuan utamanya adalah untuk membasmi tikus, lalat, nyamuk karena dianggap tidak higienis. Termasuk pula burung pipit yang mereka anggap suka memakan tanaman padi dan gandum milik warga.

Semua masyarakat diinstruksikan untuk membasmi burung pipit sebanyak – banyaknya. Tak ketinggalan sarang dan telur – telurnya yang belum menetas juga tidak luput dari pembasmian. Bahkan telur serta anak ayam juga ikut dibunuh karena dianggap sebagai hama. Total burung yang dibunuh oleh warga dihitung dan dihargai dengan sejumlah uang oleh pemerintah.

Namun apa yang terjadi kemudian justru malah sebaliknya, pemusnahan burung pipit mengakibatkan ketidakseimbangan ekologi, dikalikan dengan jumlah serangga pemakan tanaman seperti belalang dan ulat. Banyak tanaman warga yang rusak parah dan gagal panen karena dimakan hama ulat dan belalang. Melihat kenyataan ini, pemerintah baru menyadari bahwa usaha yang mereka lakukan ternyata salah. Namun nasi sudah menjadi bubur, kian hari populasi belalang justru semakin meningkat, hingga akhirnya terjadilah tragedi kelaparan paling mengerikan di China karena menewaskan lebih dari 20 juta orang.

2. Karma akibat membakar tikus, rumah hangus dilalap api
Jengkel karena tidak suka dengan tikus, Luciano Mares (81), mengambil dan melemparkan seekor tikus di atas tumpukan pembakaran sampah daun di halaman rumahnya. Namun yang terjadi justru diluar nalar, tikus tersebut malah berlari kembali masuk rumah sambil membawa api dan menghancurkan segala sesuatunya. Rumah terbakar hangus dan perabotan tidak ada satupun yang tersisa. Beruntung sang pemilik rumah masih bisa menyelamatkan diri dari kobaran api. Bahkan pemadam kebakaran yang bertugas disana sampai terheran – heran dan baru pertama kali melihat kejadian aneh seperti ini.

3. Pencuri di Colombia ditabrak bus sesaat setelah merampok seorang wanita
Sebuah kamera CCTV pengawas di Bogota, Colombia, merekam peristiwa dramatis saat seorang penjahat sedang mencuri ponsel milik seorang wanita. Namun baru saja ia melarikan diri, tiba – tiba bus datang dan menghantam dirinya hingga terpental. Melihat kejadian itu, sang korban justru malah menolong pria tersebut dan mengambil ponsel miliknya. Beruntung ia hanya menderita luka ringan dan korban bersedia memaafkannya.

4. Seorang doktor diselamatkan oleh pria yang pernah ia selamatkan 30 tahun lalu

Setelah menyelamatkan nyawa seorang bayi prematur lebih dari 30 tahun silam. Pada tahun 2011 lalu, Dr. Michael Shannon mengalami kecelakaan cukup parah yang membuat dirinya terjebak di dalam mobil yang terbakar. Petugas pemadam kebakaran kemudian datang cepat untuk menyelamatkan dirinya. Secara kebetulan, salah seorang petugas yang membantunya keluar dari mobil ternyata adalah anak yang dulu ia selamatkan, Chris Trokey. Dr. Shannon memerlukan waktu 40 hari untuk pulih dari luka – lukanya, dan di hari yang ke-45 ia baru menyadari siapa yang menyelamatkan dirinya.

Awalnya Trokey dilahirkan secara prematur dengan berat hanya 1,5 kilogram. Menurut dokter, ia hanya memiliki kesempatan 50% untuk bisa bertahan hidup. Dr. Shannon yang kebetulan menanganinya waktu itu berjuang keras menyelamatkan bayi tersebut. Ia mengatakan bahwa peristiwa yang dialaminya sungguh menakjubkan. Ia sangat bangga, bayi yang ia selamatkan lebih dari 30 tahun lalu sudah tumbuh dewasa dan menjadi pahlawan nyata penyelamat hidupnya.

Karma Dalam Islam

Apa itu Hukum Karma? Bagaimana pandangan Islam tentang karma?



Istilah karma berasal dari ajaran agama Budha and Hindu. Arti sederhana dari karma adalah segala perbuatan yang dilakukan akan memiliki akibat pada pelaku di masa selanjutnya. Tindakan buruk saat ini akan berakibat keburukan di masa datang. Perilaku baik akan berakibat kebaikan.

Islam juga mengenal doktrin sebab akibat bahwa perbuatan baik akan berakibat baik dan perilaku buruk akan berakibat buruk.

– Akibat dari perbuatan manusia terkadang akan dirasakan di dunia ini saat kita masih hidup. Ini mirip dengan karma

Dalam QS Ar-Rum 30:41 Allah berfirman:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Dalam QS As-Sajdah 32:21 Allah berfirman:

وَلَنُذِيقَنَّهُم مِّنَ الْعَذَابِ الْأَدْنَىٰ دُونَ الْعَذَابِ الْأَكْبَرِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya: Dan Sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar).

Namun, mayoritas balasan dari tindakan kita akan terjadi di akhirat, pada kehidupan setelah mati. Tepatnya setelah kiamat tiba.

Dalam QS An-Nahl 16:61 Allah berfirman:

وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللَّـهُ النَّاسَ بِظُلْمِهِم مَّا تَرَكَ عَلَيْهَا مِن دَآبَّةٍ وَلٰكِن يُؤَخِّرُهُمْ إِلَ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۖ فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَـْٔخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Artinya: Jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya.

Oleh karena itu, dalam Islam orang jahat bisa saja memiliki kehidupan yang tenang di dunia bersama anak dan istrinya. Namun, jelas ia akan mendapat hukuman yang setimpal kelak di akhirat.

Perilaku yang baik di dunia akan mendapat pahala yang setimpal di akhirat. Tindakan jahat dan buruk di dunia akan berakibat hukuman yang setimpal di akhirat kelak. Dalam QS An Najm 53:39-41 Allah berfirman:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى (*) وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى (*) ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَى

Artinya: Bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.

Berbuat baiklah selalu..
Wallahualam Bishawab

(Sumber: viva co id, islampos)

Subscribe to receive free email updates: